Home » » Fungsi Manifes Pendidikan

Fungsi Manifes Pendidikan

Written By Admin Bisosial on Rabu, 24 Oktober 2012 | Rabu, Oktober 24, 2012

Dua fungsi manifes yang utama dari pendidikan adalah membantu orang untuk sanggup mencari nafkah hidup dan menolong orang untuk mengembangkan potensi demi pemenuhan kebutuhan pribadi dan pengembangan masyarakat. Kedua fungsi tersebut saling berkaitan, namun tidaklah sama. Menjadi seseorang yang memiliki pendidikan yang lengkap merupakan suatu hal yang sulit, kecuali jika ia mampu memperoleh nafkah. Di lain pihak, seorang karyawan mungkin akan lebih dihargai, jika berpendidikan tinggi dan bukan hanya sekedar memiliki keterampilah khusus. Namun, pendidikan umum yang baik tidak selamanya menghasilkan keterampilan yang bisa dipasarkan; sedang pendidikan kejuruan yang fokusnya terlalu sempit dapat membuat orang tidak tahu menahu tentang pengetahuan kebudayaan yang diperlukan untuk mencapai kehidupan yang sukses.
Kebanyakan pekerjaan memerlukan kemampuan membaca dan banyak juga yang memerlukan latihan khusus. Revolusi sibernatika bersama mesin-mesin komputer dan robot menurunkan permintaan akan tenaga kerja yang terampil, dan menggeser kedudukan beberapa pekerjaan tradisional. Pasaran kerja bagi orang-orang profesional dan semiprofesional serta ahli-ahli tehnik semakin luas.
Masih banyak fungsi manifes pendidikan lainnya seperti: melestarikan kebudayaan dengan cara mewariskannya dari generasi yang satu ke generasi selanjutnya; merangsang partisipasi demokratis melalui pengajaran keterampilan berbicara dan mengembangkan kemampuan berfikir secara rasional dan bebas; memperkaya kehidupan dengan menciptakan kemungkinan untuk berkembangnya cakrawala intelektual dan cita rasa keindahan para siswa; meningkatkan kemampuan menyesuaikan diri melalui bimbingan pribadi dan berbagai kursus; meningkatkan taraf kesehatan para pemuda bangsa melalui latihan olah raga dan kursus tentang ilmu kesehatan; menciptakan warga negara yang mencitai tanah air melalui pelajaran yang melukiskan kejayaan bangsa; menunjang integrasi antar ras yang berbeda, mengadakan hiburan umum (pertandingan olah raga, pertunjukan band sekolah, drama); dan yang terakhir “membentuk kepribadian”.
Share this article :

Kunjungan

Update

LOWONGAN KERJA

 
Copyright © 2011 - 2013. BERBAGI ILMU SOSIAL - All Rights Reserved | Supported by : Creating Website | MENOREH.Net - Media Partner