Home » » PENGERTIAN FAKTA, KONSEP DAN GENERALISASI

PENGERTIAN FAKTA, KONSEP DAN GENERALISASI

Written By Arif Sobarudin on Rabu, 24 Oktober 2012 | Rabu, Oktober 24, 2012

Suatu struktur ilmu pengetahuan, termasuk ilmu sosial tersusun dalam tiga tingkatan dari yang paling sempit ke yang paling luas, yaitu 1) Fakta, 2) Konsep dan 3) Generalisasi. Ketiga hal itu yang membangun materi ilmu-ilmu sosial.

1. Fakta.
Fakta merupakan informasi atau data yang ada/terjadi dalam kehidupan dan dikumpulkan oleh para ahli ilmu sosial yang terjamin kebenarannya. Fakta merujuk pada suasana yang khusus dan keberlakuannya terbatas (kurang berlaku umum). 

Beberapa contoh fakta yakni:
a. Gunung galunggung meletus pada tahun 1982.
b. Jakarta adalah ibu kota Indonesia.
c. Proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah tanggal 17 agustus 1945.
  
2. Konsep.
Konsep adalah kesepakatan bersama untuk penamaan sesuatu dan merupakan alat intelektual yang membantu kegiatan berfikir dan memecahkan masalah. Jika kita menemukan sejumlah informasi misalnya ada sebuah benda padat yang besar, benda itu terbuat dari besi atau kayu, digerakkan oleh mesin atau layar, berjalan diatas air, digunakan untuk mengangkut barang atau orang, maka kemudian dengan kemampuan mental informasi atau fakta itu dapat disederhanakan dengan memberi label atau nama "Kapal Laut".

Konsep merupakan sejumlah fakta yang memiliki keterkaitan dengan makna atau defenisi yang ditentukan.  Konsep juga dinyatakan dalam sejumlah bentuk:
a.Kongkrit atau abstrak, Luas atau sempit, suku kata atau frase.
b. Beberapa konsep adalah konsep kongkrit, misalnya berkaitan dengan tempat, objek, lembaga, atau kejadian seperti: manusia, gunung, pulau, daratan, rumah, negara, partai politik, barang konsumsi, produsen, pabrik, gempa bumi, kemarau dan sebagainya.

Sementara itu konsep lainnya yang bersifat abstrak yakni demokrasi, toleransi, adaptasi, kejujuran, kesetiaan, kebudayaan, kemerdekaan, keadilan, kebebasan, saling ketergantungan, hak, sistem hukum dan sebagainya.

konsep dikatakan penting karena konsep membantu seseorang untuk mengorganisasikan informasi atau data yang dihadapi. Selanjutnya cara memperoleh konsep yakni sebelumnya harus mengenal kemudian memahami dan merumuskan data fakta yang menjadi ciri/ atribut dari suatu konsep.

3. Generalisasi adalah pernyataan tentang hubungan diantara konsep. Generalisasi mengungkapkan sejumlah besar informasi. Kebenaran suatu generalisasi ditentukan oleh rujukan pembuktian konsep.

Generalisasi berisi banyak konsep. Berikut ini kutipan sebuah generalisasi yang dikutip dari Savage dan Armstrong "Ketika suatu masyarakat meningkat menjadi masyarakat terdidik dan masyarakat industri, maka angka kelahiran akan menurun".

Perlu dipahami bahwa fakta menyediakan contoh-contoh bagi konsep dan generalisasi yang spesifik. Namun demikian, jika fakta-fakta itu tidak terkait dengan konsep dan generalisasi yang penting maka fakta-fakta tersebut hanyalah menjadi setumpuk hal yang sepele dimana sedikit kegunaannya.
 
zhalabe.blogspot.com
Share this article :

Pasang Iklan

Kunjungan

TERBARU

Entri Populer

 
Copyright © 2011 - 2013. BERBAGI ILMU SOSIAL - All Rights Reserved | Supported by : Creating Website | MENOREH.Net - Media Partner