Home » » OBYEK KAJIAN DAN HUBUNGAN ANTARA SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI

OBYEK KAJIAN DAN HUBUNGAN ANTARA SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI

Written By Arif Sobarudin on Rabu, 28 November 2012 | Rabu, November 28, 2012

Objek kajian sosiologi adalah masyarakat, dan kita juga tahu masyarakat sudah pasti berkebudayaan, namun perlu diingat antara masyarakat dan kebudayaan tidak sama, tetapi berhubungan erat. Dalam hal ini masyarakat menjadi kajian pokok sosiologi dan kebudayaan menjadi kajian pokok antropologi. Hal ini disebabkan hubungan erat antara kebudayaan dan masyarakat diibaratkan semut dan lebah bermasyarakat, tetapi tidak berkebudayaan. Sehingga daapt ditarik kesimpulan bahwa masyarakat lebih mendasar dan merupakan tanah dimana kebudayaan itu tumbuh.
Kebudayaan selalu berbentuk atau bercorak sesuai dengan masyarakatnya. Menurut Ralph Linton, kata masyarakat menunjuk pada segolongan manusia yang pandai dan bekerja sama, sedangkan kata kebudayaan menunjuk pada cara hidup yang khas dari golongan manusia tersebut. Dengan kata lain, masyarakat merupakan fungsi-fungsi yang asasi dalam hubungan manusia, sedangkan kebudayaan adalah cara fungsi itu dilaksanakan.
Masyarakat berhubungan dengan susunan dan proses hubungan antar manusia dan golongan, kebudayaan berhubungan dengan isi corak dengan hubungan yang ada. Karena itu, keduanya baik masyarakat dan kebudayaan penting bagi sosiologi dan antropologi. Hanya saja, penekanan antara keduanya berbeda. Kedua spesialisasi ini sering digabungkan menjadi satuan bagian.
Adapun bidang yang menjadi bahan kajian antara sosiologi dan antropologi  meliputi hal-hal berikut :
1.      Sejarah terjadinya dan perkembangan manusia sebagai makhluk biologis.
2.      Sejarah terjadinya berbagai bahasa manusia diseluruh dunia dan penyebarannya.
3.      Masalah terjadinya persebaran dan perkembangan berbagai kehidupan diseluruh dunia.. Masalah dasar kebudayaan dalam kehidupan manusia dari suku-suku bangsa yang tersebar dimuka bumi sampai sekarang.
http://tanggihpratama.blogspot.com
Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

LOWONGAN KERJA

Kunjungan

Update

 
Copyright © 2011 - 2013. BERBAGI ILMU SOSIAL - All Rights Reserved | Supported by : Creating Website | MENOREH.Net - Media Partner