Home » » Pengaruh Eksternal dan Internal dalam Pengelolaan Pendidikan

Pengaruh Eksternal dan Internal dalam Pengelolaan Pendidikan

Written By Arif Sobarudin on Rabu, 07 November 2012 | Rabu, November 07, 2012

Penyelenggaraan pendidikan nasional yang dilaksanakan secara terus-menerus dan berkelanjutan, paling tidak dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Pengaruh eksternal adalah adanya perkembangan dunia yang mengglobal yang berlaku dalam dasawarsa ini. Sedangkan pengaruh internal adalah pengaruh kebudayaan dan kehidupan masyarakat bangsa indonesia. Pengaruh tersebut akan berpengaruh pada pembentukan watak dan kreatifitas anak bangsa.
Ki Hajar Dewantara mengingatkan untuk menggunakan strategi “Trikon”, meliputi: (1) konvergen, (2) konsentris, (3) kontinuitas.
Strategi knvergensi misalnya, paling banyak dipengaruhi oleh pergolakan dunia yang apabila tidak diantisipasi dengan baik, dapat menjadi ancaman terhadap kelangsungan pendidikan di indonesia. Apalagi kita mencermati wacana sosial saat ini, tampaknya tiga bentuk masyarakat sebagaimana yang disebut-sebut dalam buku alfin tofler benar-benar menjadi kenyataan yang kita hadapi. Ketiga masyarakat dimaksud adalah masyarakat agraris, industri dan informasi. Dengan karakteristik yang berbeda, tidak terasa model-model masyarakat itu telah membawa konsekuensi logis tertentu manakala terjadi pergeseran dari satu bentuk masyarakat ke bentuk lainnya.
http://masfedri.blogspot.com
Share this article :

Pasang Iklan

Kunjungan

TERBARU

Entri Populer

 
Copyright © 2011 - 2013. BERBAGI ILMU SOSIAL - All Rights Reserved | Supported by : Creating Website | MENOREH.Net - Media Partner