Home » » Simbol-Simbol Peta

Simbol-Simbol Peta

Written By Arif Sobarudin on Senin, 05 November 2012 | Senin, November 05, 2012

Simbol peta merupakan tanda-tanda khusus yang umum digunakan untuk mewakili keadaan sebenarnya. Simbol peta dibagi menjadi 4 bagian, yaitu :
  • Simbol titik, dapat dibedakan atas 3 yaitu :
  1. Simbol piktoral (simbol gambar), yaitu simbol yang berupa gambar seperti keadaan sebenarnya.
  2. Simbol geometrik, yaitu simbol yang berupa bangun matematika.
  3. Simbol huruf, yaitu simbol yang dibuat dalam bentuk huruf yang diambil huruf pertama atau kedua dengan nama unsur yang digambarkan.
  • Simbol Garis. Simbol pada peta yang menggunakan garis untuk menunjukkan suatu objek di permukaan bumi. Garis juga digunakan untuk menunjukkan perbedaan tingkat kualitas, yang dikenal dengan isolines. Berikut ini macam-macam isolines:
  1. Kontur yaitu garis yang menunjukkan ketinggian yang sama.
  2. Isohyet yaitu garis dengan jumlah curah hujan sama.
  3. Isobar yaitu garis dengan tekanan udara sama
  4. Isogon yaitu garis dengan deklinasi magnet yang sama.
  5. Isoterm yaitu garis dengan angka suhu sama.
  6. Isopleth yaitu garis yang menunjukkan angka kuantitas yang bersamaan.
  • Simbol Wilayah. Simbol dalam peta yang digunakan untuk menunjukkan objek di permukaan bumi dalam bentuk area atau luasan tertentu. Simbol ini umumnya melambangkan unsur-unsur permukaan bumi seperti permukiman, areal pertanian, perkebunan, dan lain sebagainya.
  • Simbol Warna. Biru: simbol perairan , misalnya sungai, danau, dan laut. Hijau: simbol vegetasi, dataran rendah, dan hutan. Cokelat: simbol untuk kontur, daerah pegunungan.. Kuning: simbol untuk daerah kering, daerah dataran tinggi. Merah: simbol untuk daerah yang panas dan unsur peta yang penting lainnya, misalnya jalan,kota. Hitam: simbol untuk penamaan objek pada peta, misalnya judul peta, nama kota, gunung laut, dan semua unsur-unsur geografi. Simbol warna biasanya digunakan untuk mempertegas informasi suatu daerah, umumnya digunakan pada peta berwarna. http://geografi-geografi.blogspot.com
Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

LOWONGAN KERJA

Kunjungan

Update

 
Copyright © 2011 - 2013. BERBAGI ILMU SOSIAL - All Rights Reserved | Supported by : Creating Website | MENOREH.Net - Media Partner