Home » » TEKNIK KEPEMIMPINAN PEMERINTAHAN

TEKNIK KEPEMIMPINAN PEMERINTAHAN

Written By Arif Sobarudin on Rabu, 21 November 2012 | Rabu, November 21, 2012

1.      teknik persuasif dalam kepemimpinan pemerintahan
adalah strategi dalam pimpinan pemerintahan camat, bupati, gubernur, ataupu walikota membujuk bawahannya untuk bekerja lebih rajin. Bujukan dilakukan degan lunak dan lemah lembut.
2.      teknik komunikatif dalam kepemimpian pemerintahan
adalah strategi pemimpin dalam memperlancar pekerjaannya mencapai tujuan melakukan hubungan sesuai dengan kaidah ilmu komunikasi yaitu apa yang diiginkan oleh pemerintah sebagai jalan pemberi pesan sama dengan apa yang diterima bawahan dan masyarakat.
3.      teknik fasilitas dalam kepemimpina pemerintahan
adalah strategi pemimpin dalam memberikan fasilitas pada bawahan atau masyarakatnya untuk memperlancar pekerjaan karena bawahan dan masyarakat tersebut terikat oleh pemberian tersebut.
4.      teknik motivasi dalam kepemimpinan pemerintahan
adalah strategi pemimpin mendorong bawahan dan masyarakatnya bekerja serta membangun lebih rajin.
5.      teknik keteladanan dalam kepemimpian pemerintahan
adalah strategi pemimpin pemerintahan untuk memberikan contoh atau teladan yang baik kepada bawahannya maupun masyarakatnya sendiri. Menurut Drs. Pamudji, teknik kepemimpinan adalah suatu cara yang merupakan pola tetap utuk mempengaruhi orang-orang agar bergerak ke arah yang diinginkan oleh pemimpin. Drs. Pamudji mengemukakan macam-macam teknik kepemimimpinan antara lain: a. teknik pematangan/penyiapan pengikut; b. teknik human relation; c. teknik menjadi teladan; d. teknik persuasi dan pemberian perintah; e. teknik penggunaan sistem komunikasi yang cocok; f. teknik penyediaan fasilitas. Teknik yang dikemukakan oleh Drs. Inu Kencana dan Drs. Pamudji pada dasarya adalah sama. Tetapi Dr. Kartini Kartono mengemukakan bahwa teknik kepemimpinan adalah kemampuan dan keterampilan teknis serta sosial pemimpin dalam menerapkan teori-teori kepemimpinan pada praktik kehidupan serta praktik organisasi. Teknik kepemimpinan juga dapat dirumuskan sebagai cara bertindaknya pemimpin dengan bantuan alat-alat fisik dan macam-macam kemampuan psikis untuk mewujudkan kepemimpinannya. Sehingga yang masuk ke dalam kategori teknik kepemimpian adalah:
1.      etika profesi pemimpin dan etiket
2.      kebutuhan dan motivasi
3.      dinamika kelompok
4.      komunikasi
5.      kemampuan pengambilan keputusan
6.      keterampilan berdiskusi dan “permainan” lainnya
 http://greensirius.blogspot.com
Share this article :

Kunjungan

TERBARU

Entri Populer

Statistik Info

 
Copyright © 2011 - 2013. BERBAGI ILMU SOSIAL - All Rights Reserved | Supported by : Creating Website | MENOREH.Net - Media Partner