Home » » DEFINISI DAN PENGERTIAN POLITIK MENURUT PARA AHLI

DEFINISI DAN PENGERTIAN POLITIK MENURUT PARA AHLI

Written By Arif Sobarudin on Jumat, 08 Maret 2013 | Jumat, Maret 08, 2013

DEFINISI DAN PENGERTIAN POLITIK MENURUT PARA AHLI
Selain mendefinisikan sosiologi, para ahli juga memberikan definisi politik yang berbeda-beda, selanjutnya berikut ini diterangkan beberapa definisi menurut para ahli di antaranya :
1.      Meriam Budiardjo
Politik adalah bermacam-macam kegiatan dalam study system politik (atau Negara) yang menyangkut proses menentukan tujuan dari system itu dan melaksanakan tujuan-tujuan itu yaitu tujuan yang menyangkut dari seluruh masyarakat (public goals) dan bukan tujuan pribadi (private goals).

2.      Maurice Duverger (1993)
Politik adalah kekuasaan, kekuatan adalah seluruh jaringan lembaga-lembaga (institusions) yang mempunyai kaitan dengan otoritas, dalam hal ini suasana didominasi beberapa orang atas orang lain.
3.      Plato dan Aristoteles
Politik adalah suatu usaha untuk mencapai masyarakat politik (polity)yang terbaik di dalam politik, manusia akan hidup bahagia karena memiliki peluang untuk mengembangkan bakat hidup dengan rasa kemasyarakatan yang akrab dan hidup dalam suasana moralitas
4.      Max Weber
Politik adalah sarana perjuangan untuk sama-sama melaksanakan politik atau perjuangan untuk mempengaruhi pendistribusia kekuasaan baik di antara Negara-negara maupun diantara hukum dalam suatu Negara.
5.      Deliar Nor
Politik adalah ilmu yang memusatkan masalah kekuasaan dalam kehidupan bersama masyarakat
6.      Joyce M. mitchel
Poitik adalah pengmbilan keputusan kolektif atau perbuatan kebijakan umum untuk masyarakat seluruhnya.
7.      Karl W. Deutsh
Politik adalah pengambilan keputusan melalui sarana umum
8.      Ossip K. Fleich Teim
Ilmu politik adalah  ilmu sosial yang khusus mempelajari sifat dan tujuan dari Negara, sejumlah mana Negara merupakan organisasi kekuasaan lain yang tak resmiyang dapat mempengaruhi Negara.
9.      Robert F. Soltou
Ilmu politik adalah mempelajari Negara, tujuan-tujuan Negara dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan itu, hubungan antar Negaranya dngan Negara lain.
10.  Harold D. Lasswell dan A. Kaplan
Ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari pembentukan dan pembagian kekuasaan.
Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

LOWONGAN KERJA

Kunjungan

Update

 
Copyright © 2011 - 2013. BERBAGI ILMU SOSIAL - All Rights Reserved | Supported by : Creating Website | MENOREH.Net - Media Partner