Home » » PENGARUH DAN KEKUASAAN KOLONIAL PORTUGIS DI INDONESIA

PENGARUH DAN KEKUASAAN KOLONIAL PORTUGIS DI INDONESIA

Written By Arif Sobarudin on Selasa, 05 Maret 2013 | Selasa, Maret 05, 2013

PENGARUH DAN KEKUASAAN KOLONIAL PORTUGIS DI INDONESIA
Kolonialisme adalah penguasaan oleh suatu Negara atas daerah ata bangsa lain dengan maksud untuk memperluas Negara itu. Imperialism adalah system politik yang bertujuan menjajah Negara lain untuk mendampar kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar. Kolonialisme dan imperialisme ditumbuh kembangkan bangsa-bangsa eropa di seluruh dunia, termasuk di nusantara. Sejak terjadinya perang salib, jatuhnya konstantinopel ke Bangsa Turki Usmani, penutupan Lisabon oleh raja spanyol, timbulah perang koalisi di eropa, dan dampak revolusi industry di inggris, Negara-negara di eropa mendatangi banyak negeri dengan tujuan utama mendominasi dan mengeksploitasi sumber-sumber kekayaan alam dan manusia.negara-negara eropa yang memiliki andil dalam membentuk dan mengembangkan kolonialisme dan imperialism di nusantara yaitu, portugis, belanda, prancis dan inggris.

Portugis merupakan Negara-negara eropa pertama yang berusaha mencari jalan laut ke dunia timur. Bartholomeus Diaz berhasil mencapai tanjung harapan pada tahun 1486 dan Vasco D Gama  menginjakan kaki di Calicut 1498. Tiga belas tahun kemudian Alfonso d,Albuquerque dapat mengusai pelabuhan malaka. Penaklukan malaka merupakan langkah strategis portugis dalam upaya di asian tenggara. Setelah menaklukan malaka portugis melanjutkan petualangnya ke Maluku di bawah pimpinan Antonio dAbreau. Apda tahun 1512 armada portugis tiba di Maluku untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah.
Dalam mencapai tujuanya, portugis memanfaatkan persaingan yang ada di Maluku. Pada saat itu ternate tengah bersaing dengan tidore yang bersekutu dengan spanyol. Portugis segera menggunakan kesempatan tersebut dengan cara membantu ternate. Sudah barang tentu kehadiran portugis di ternate mendapat simpati dari rakyat. Terlebih lagi rakyat ternate mengira bahwa portugis merupakan bangsa pedagang yang akan berperan menaikan harga rempah-rempah. Oleh karena itu, portugis di izinkan mendirikan benteng di ternate. Pada tempat lain di Maluku, portugipun membantuHitu yang sedang bersaing dengan Seram. Tindakan inilah yang menjadi langkah awal portugis dalam rangka menacapkan pengaruh dan kekuasaan colonial di Maluku.

Share this article :

Pasang Iklan

Kunjungan

TERBARU

Entri Populer

 
Copyright © 2011 - 2013. BERBAGI ILMU SOSIAL - All Rights Reserved | Supported by : Creating Website | MENOREH.Net - Media Partner