Home » , » PERBANDINGAN DAN PERBEDAAN ANTARA SOSIOLOGI EKONOMI DAN EKONOMI

PERBANDINGAN DAN PERBEDAAN ANTARA SOSIOLOGI EKONOMI DAN EKONOMI

Written By Arif Sobarudin on Selasa, 05 Maret 2013 | Selasa, Maret 05, 2013


Untuk memperbandingkan atara sosiologi ekonomi dan ekonomi, smelser dan swedberg (1994;3-26) telah mengajukan perbedaan ttitk tolak dalam cara memandang terhadap nsesuatu ; konsep actor, konsep tindakan ekonomi, hambatan pada tindakan ekonomi, hubungan ekonomi pada masyarakat, tujuan analisis dan penerapan metode.

KONSEP ACTOR

Titik tola analisis ekonomi adalah individu. Pendekatan ini berakar dari utilatarianisme inggris dan ekonomi politik. Individualism metodologis tidaklah sama dengan pendekatan sosiologis, tindakan actor yang menjadi perhatian sosiologi adalah tindakan sosial yang berkaitan dengan seperti apa yang telah di jelaskan oleh max weber dalam economy dan society. Tindakan actor dinyatakan sebagai tindakan sosial sejauh tindakan tersebut memperhatikan tingkah laku dan individu laindan oleh karena itu diarahkan oleh tujuan tertentu. (weber 1922. 1978; 4)
Formulasi weber tersebut menegaskan perbedaan antara (mikro) ekonomi dengan sosiologi ekonomi. Yang pertama mengasumsikan bahwa actor tidak di hubungkan dengan actor lain, sedangkan yang disebut terakhir menasumsikan bahwa actor dihubungkan dengan dan dipengaruhi oleh actor lainya.

KONSEP TINDAKAN EKONOMI

Dalam mikroekonomiaktor diasumsikan mempunyai seperangkat pilihan dan preferensi yang telah tersedia dan stabil. Tindakan actor bertujuan untuk memaksimalkan pemanfaatan (individu) dan keuntungan (perusahaan). Tindakan tersebut di pandang rasional secara ekonomi. Sebaliknya sosiologi mencakup bebrapa kemungkinan tipe tindakan ekonomi. Perbedaan kedua antara ekonomi dan sosiologi adalah ekonomi menganggap rasionalitas sebagai asums, sementara sosiologi memandang rasionalitas sebagai variable. (stinchombe, 1986 ; 5-7)

HAMBATAN PADA TINDAKAN EKONOMI

Bagi ekonomi focus perhatian adalah pertukaran ekonomi, pasar dan ekonomisedangkan masyrakat di anggap sebagai sesuatu yang di luar, dia dipandang sebagai sesuatu yang telah ada. Sebaliknya, sosiologi memandang sebagai integral dari masyarakat. Dengan demikian sosiologi ekonomi selalumemusatkan perhatian pada ;
1.      Analisis sosiologis terhadap proses ekonomi, misalnya proses pembentukan harga antarapara pelaku ekonomi.
2.      Analisis hubungan dan interaksi antara  ekonomi dan institusi lain dari masyarakat, contohnya hubungan antara ekonomi dan agama.
3.      Study tentang perubahan institusidan parameter budaya yang menjadi konteks bagi landasan ekonomidari masyrakat, misalnya semangat kewirausahaan di kalngan santri.

TUJUAN ANALISIS 

Ekonomi cenderung melakukan prediksi dan eksplanasi, dan sangat sedikit melakukan deskripsi. Sedangkan sosiologi lebih cenderung kepada deskripsi dan eksplanasi, dan sangat sedikit melakukan deskripsi.

PENERAPAN METODE

Karena ekonomi selalu menekankan prediksi maka metode yang sesuai dengan itu adalah metode yang ditujukan untuk penerapan hipotesisdan penggunaan model-model. Dalam bentuk matematik. Oleh sebab itu seirng menggunakan data resmi dan tidak mempunyai data sendiri. Sementara sosiologi sering menggunakan metode yang berbeda satu sama lain, termasuk metode historis dan perbandingan. Data dihasilakan sendiri

Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pasang Iklan

Kunjungan

TERBARU

Informasi Populer

 
Copyright © 2011 - 2013. BERBAGI ILMU SOSIAL - All Rights Reserved | Supported by : Creating Website | MENOREH.Net - Media Partner