Home » » Hantu Atau Makhluk Astral dari Masa ke Masa

Hantu Atau Makhluk Astral dari Masa ke Masa

Written By Arif Sobarudin on Sabtu, 27 April 2013 | Sabtu, April 27, 2013

Hantu(Makhluk Astral) dari Masa ke Masa.

          Makhluk halus/makhluk astral atau apapun yang sejenis dengannya,, selama ratusan bahkan ribuan tahun telah menjadi suatu isu umum bagi masyarakat dunia. Ribuan kisah mengenai hantu sendiri kadang membuat bulu kuduk qta merinding karena setiap ada kisah hantu pasti selalu ada misteri dibaliknya.  Semasa kecil bahkan ketika kita dewasa hantu selalu menjadi makhluk menakutkan untuk kita.
Baik kita simak saja kesaksian seorang sahabatku yang pernah melihat hantu:
“ Suatu hari aku pulang dari rumah ibuku menuju rumah, saat itu waktu sudah malam, karena pada zaman itu kendaraan bermotor sangat jarang aku memutuskan nekat pulang ke rumah, mungkin karena rasa rindu kepada istriku, aku nekat berjalan kaki di malam hari. Aku melewati sebuah perkebunan karet, tidak ada satupun penerangan yang memadai, hanya bermodalkan sebuah senter. Disaat aku sedang bernyanyi kecil untuk sekedar memecahkan sunyi, tibta2 aku di kejutkan oleh sebuah suara dari arah perkebunan karet, sontak aku terkejut, aku pikir itu adalah sebuah binatang karena pada saat itu perkebunan karet memang menjadi habitat beberapa jenis hewan liar, aku melihat di keremangan malam menggunakan senter, aku terkejut saat melihat sebuah makhluk yang aku sendiri belum pernah melihatnya. Aku pikir itu adalah seekor kerbau karena bagian kepalanya terdapat dua buah tanduk seperti binatang ternak, tapi yang membuat aku shock adalah kedua kaki dan tangannya yang menyerupai  tangan manusia, sontak aku teriak meminta tolong, namun tidak ada seorang pun saat itu yang melintas, aku lari namun kedua kakiku terasa sangat lemas, bahkan aku merangkak saking terkejutnya bercampur rasa takut, namun makhluk itu bukannya pergi malah semakin mendekati,  aku dalam keadaan antara sadar dan tidak sadar, akhirnya beberapa saat kemudian aku tidak sadarkan diri. Dan saat aku sadar ada seseorang yang membangunkanku di tengah jalan ternyata aku pingsan akibat kejadian semalam, setelah agak siuman diantar orang yang menemukanku di jalan tadi aku pulang ke rumah dan menceritakan semua yang kualami kepada istriku.” Di kutip dari kisah nyata.
Ya,, cerita diatas adalah satu dari ribuan cerita hantu di dunia ini, mengenai kebenarannya, rasanya cukup sulit untuk membuktikannya, apakah itu ilusi optik, atau halusinasi, atau memang hantu benar2  dapat menampakan dirinya secara nyata?
Dalam agama islam hantu disebut juga dengan jin yaitu makhluk halus tanpa jasad, saat adam dan hawa diturunkan dari surga menuju bumi, begitu jga dengan iblis, iblis berdoa kepada allah agar dipanjangkan umurnya hingga akhir zaman agar dapat menyesatkan manusia, keturunan iblis yakni jin dan setan selalu ada disekitar kita walaupun kita tidak dapat melihat mereka.
Poltergeist, itu adalah istilah bagi orang2 eropa, atau jin dan syetan menurut kepercayaan orang2 arab dan islam, hantu menurut orang indonesia, hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang dapat menangkap dengan sengaja kemuculan hantu2 tersebut. Baiklah qta akan melihat hantu dari berbagai zaman dan kebudayaan di dunia.
MAKHLUK ASTRAL  ZAMAN DUNIA KUNO.
          Sudah sejak zaman batu manusia di berbagai penjuru dunia mulai mengenal roh leluhur, itu dibuktikan dengan berbagai artifak penyembahan yang menunjukan adanya makhluk selain manusia yang mereka yakini tinggal disekitar mereka,  di goa-goa manusia purba.  Seiring dengan berjalannya waktu, cerita-cerita dari nenek moyang mereka turunkan ke anak cucu,, dari pengalaman kemudian mereka kisahkan, dari kisah menjadi  sebuah dongeng, dan dari dongeng kemudian mengakar menjadi sebuah kepercayaan,, dan dari kepercayaan inilah mungkin asal muasal berbagai Mythologi di dunia, seperti Mythologi Yunani, Romawi, Norse, Mesir, Babylonia, dan banyak lagi.
          Dari sini  kepercayaan tersebut kemudian menjadi agama bagi sebagian besar manusia pada zaman itu. Baiklah kita ambil contoh dari mythologi Yunani kuno, Minotaur sang penjaga labirinth, makhluk berkepala  banteng berbadan manusia, penunggu lorong tak berujung atau labirynth, dikisahkan makhluk ini berpostur   tinggi besar, dengan kepala menyerupai seekor sapi, dan berbadan layaknya manusia,  makhluk ini menempati  sebuah lorong tak berujung/labirynth. (Dalam mythologi Yunani jga dikenal berbagai makhluk astral seperti medusa, perempuan berambut ular, hydra ular berkepala 3 atau lebih, Cyclops raksasa bermata satu, dan banyak lagi).
          Apakah makhluk ini benar-benar ada?? Jika ada dimana qta bisa menemukannya atau jika sudah mati dimana bangkai atau tulang belulangnya. Tapi jika kita menyangkal keberadaan makhluk tersebut bagaimana  bangsa yunani bisa mengenal makhluk2 ini secara terperinci, dan apakah makhluk ini hanya dongeng? Seperti makhluk mythologi lain? Padahal bangsa yunani terkenal sebagai bangsa dengan peradaban paling maju pada kala itu,, dinegara itulah lahir para pemikir2 cerdas seperti plato, dll, bagaimana mereka sangat mempercayai hal2 yang bersifat mitos? Qta akan jawab hal tersebut pada  akhir pembahasan terakhir artikel ini.
Berikut adalah beberapa makhluk Astral dari dunia kuno atau biasa disebut mythology:
    Gambar Minotau. sumber:TheTorchOnline.com
  • Cyclops, berasal dari mythologi Yunani, raksasa bermata satu biasa digambarkan membawa  sebuah pentungan yang terbuat dari kayu.
  • Minotaur, berasal dari mythologi Yunani, berkepala mirip kerbau/sapi, menjaga lorong labyrinth.
  • Manticore, berasal dari mythologi Yunani, makhluk yang mirip kalajengking raksasa dengan senjata di ujung ekornya
  • Medusa, berasal dari mythologi Yunani, perempuan berkepala Ular.
  • Hydra, berasal dari mythologi Yunani, Ular berkepala tiga
  • Sphynx, berasal dari mythologi Mesir, Kucing berkepala Manusia
  • Wadjet, berasal dari mythologi Mesir, Makhluk seperti Ular Kobra Raksasa
  • Petsuchos, berasal dari mythologi Mesir, Buaya sungai Nil yang menjelma menjadi makhluk menakutkan dengan permata pada kepalanya.
  • Anubite, berasal dari mythologi Mesir, makhluk berkepala seperti anjing dan berbadan manusia.
  • Kraken, berasal dari mythologi Skandinavia,  Seekor Gurita Raksasa
  • Frost Giant, berasal dari mythologi Skandinavia, Raksasa beku penunggu gunung Es
  • Valkirye, berasal dari mythologi Skandinavia, Ksatria Wanita yang sangat perkasa
  • Mountain Giant, berasal dari mythologi Skandinavia, Raksasa penunggu pegunungan
Zeus dan Istrinya Hera. Image by:google
Kebanyakan  makhluk2 mythologi tersebut berkorelasi dengan makhluk astral yang istatusnya lebih tinggi dalam mythologi dunia kuno. Makhluk astral dengan strata yang lebih tinggi tersebut menjadi sesembahan pada zaman dunia kuno,  Contoh : dalam mythologi yunani,  Zeus  penguasa gunung olympus, Hades Penguasa dunia bawah, Ra dewa matahari bagi bangsa mesir, dan masih banyak lagi. Makhluk-makhluk astral itu mereka jadikan dewa utama dalam kehidupan mereka.  Naudzubillah, bersyukurlah kita bukan orang-orang yang tersesat seperti mereka kaum musyrik yang menjadikan makhluk2 astral sebagai tuhan.
Mengapa manusia sampai menyembah mereka?? Ya mari kita simak perkataan iblis kepada tuhan yang meminta umur panjang agar dapat menyesatkan manusia hingga akhir masa dunia. Ya para setan2 itu bertujuan ingin menyesatkan manusia agar manusia menyekutukan tuhan, ingatlah pencipta langit dan bumi adalah allah SWT, bukan zeus penguasa gunung, atau hades penguasa dunia bawah, kita tidak bisa menyangkal keberadaan makhluk astral seperti dewa2 yunani kuno tersebut, karena existensi makhluk2 tak kasat mata memang sudah ada sejak ribuan tahun, namun mereka ada bukan untuk di sembah, melainkan menjadi sebuah contoh kebesaran tuhan.
Kesimpulan :
“ Makhluk2 Astral dunia kuno kebanyakan menjadi legenda bagi masyarakat dunia kuno, Dewa-dewa dalam mythologi kuno adalah makhluk Astral keturunan Iblis, yang bertujuan menyesatkan manusia dalam suatu kesempatan mereka dapat menampakan diri bahkan berkomunikasi dengan manusia lewat para Oracle/dukun. Kebudayaan-kebudayaan kuno seperti Yunani, Mesir, dan babylonia, banyak menjadikan makhluk2 Astral menjadi sesembahan, itulah alasan mengapa Allah SWT, mengutus nabi dan Rasul ke berbagai kebudayaan2 tersebut agar manusia berhenti dari kesesatan dan kembali menyembah tuhan, seperti Nabi Musa yang di utus ke kebudayaan Mesir Kuno agar mereka berhenti menyembah makhluk2 tersebut dan kembali kepada Allah SWT. Agar kita tidak tersesat, makhluk astral memang ada tapi bukan untuk disembah”. Ade Candra
MAKHLUK ASTRAL ABAD PERTENGAHAN
Di eropa pada masa abad pertengahan berbagai  isu mengenai hantu drakula muncul, beriringan dengan itu muncul pula makhluk2 seperti werewolf, frankenstein, wanita penyihir, poltergeist(hantu orang mati), pada saat itu adalah awal dari era sciense modern, berbagai macam experiment dilakukan manusia pada kala itu karena bangsa eropa telah mempelajari  berbagai bidang ilmu sciense dari kaum muslim selama perang Salib yang berlangsung Ribuan tahun yang silam.
Di eropa saat itu telah ada kepercayaan kaballah yang dibawa oleh knight templar ke eropa, pemuja setan telah ada pada saat itu yaitu orang2 yang menyembah baphomet yang berarti iblis, wujudnya berupa manusia berkepala kambing, dan berbagai sekte pemuja setan, ritual2 itulah yang menyebabkan bertambahnya kekuatan makhluk astral karena pada dasarnya semakin mereka dipuja maka akan bertambah pulalah kekuatan mereka. 
Contoh: “Ketika kita berjalan sendirian dgn perasaan takut ke tempat yang sunyi, akan ada suatu energi yang apabila kita perhatikan, energi  tersebut seperti menghisap energi kita yang bisa menyebabkan badan kita menjadi lemas, perasaan yang sama kita alami saat kita tersengat listrik, apakah di tempat gelap tadi ada medan energi listik? 
Ya karena makhluk astral jga makhluk hidup yang mempunyai energi yang dapat mempengaruhi manusia, seperti peristiwa kesurupan, jelas-jelas itu adalah perbuatan makhluk astral, makhluk astral masuk melalui pembuluh darah kemudian menuju otak setelah gelombang listrik tersebut menguasai otak, otomatis menguasai seluruh tubuh manusia korbannya, karena di otak, makhluk astral punya akses untuk menguasai seluruh sensor motorik sang korban, bagi beberapa psikolog kesurupan adalah peristiwa psikologis  kejiwaan pasien   terganggu kejiwaan yang menyebabkan pasien menjadi  berhalusinasi dan melakukan tindakan2 yang diluar kemauannya, namun bagaimana dengan kesurupan massal disekolah yang menimpa puluhan siswi di suatu sekolah? 
Hal ini sering terjadi, Apakah ada penjelasan bagaimana tiba2 puluhan siswi menjadi histeris , apakah ada penjelesan medisnya? Tidak itu adalah murni perbuatan setan.
Qta kembali ke topik hantu abad pertengahan,  sosok drakula yang kita kenal dalam dunia nyata jauh lebih kejam dari drakula di film2 yang pernah kita saksikan.  Korban kekejamannya pun terbilang fantastis dengan korban jiwa lebih dari puluhan ribu orang,,  
Vlad Tsepes III ( 1431 – 1475 M ) atau lebih dikenal sebagai drakula, adalah seorang penguasa walachia pada zaman perang salib, kekejamannya adalah membantai kaum muslim di walachia, banyak yang di bantai dengan cara ditancapkan di tiang kayu atau biasa disebut dengan di Sula, dan ada beberapa  rumor mengatakan dia gemar menghisap darah manusia, itulah sosok drakula di dunia nyata, hingga akhirnya kekejamannya berakhir di tangan para mujahidin(pejuang muslim), kepalanya di penggal pasukan islam dalam sebuah pertempuran dengan  mujahid. 
“Ada kemungkinan sosok drakula manusia kejam pembunuh dan penghisap darah adalah manusia penyembah setan yang tindakannya dipengaruhi oleh setan(kesurupan), alasan dia menghisap darah dan menyula manusia mungkin adalah salah satu Ritual yang sedang dijalankannya, karena dalam Ritual sekte penyembah setan, meminum darah manusia adalah sesuatu yang hampir umum, bahkan dalam beberapa kasus mereka berani memakan daging manusia”.  Lantas bagaimana dengan kemampuan mereka berubah menjadi kelelawar? Itu Salah, mereka tidak dapat melakukannya, kelelawar penghisap darah adalah hanyalah salah satu spesies hewan yang telah ada sejak  jutaan tahun yang lalu, mereka bukanlah jelmaan dari  kelelawar penghisap darah hanyalah hewan biasa yang dapat kita temui dalam buku2 biologi.
Kesimpulan
Sosok hantu pada abad pertengahan memang banyak terinspirasi dari Mitos-mitos pada zaman perang salib,, para pendatang eropa belajar banyak hal di timur tengah termasuk ajaran2 sesat kaum penyembah setan dari bangsa yahudi kemudian digabungkan dengan kepercayaan kaum pagan eropa, banyak sekali ritual2 sesat yang mereka jalankan dan menjadi mitos bagi masyarakat, seperti makhluk penghisap darah yang notabenenya mereka bukan hantu melainkan manusia yang telah dirasuki oleh setan, wanita penyihir, manusia serigala, namun kebanyakan semua itu adalah mitos bagi orang2 yang melakukan ritual penyembahan setan. Naudzubillah.
 MAKHLUK ASTRAL PADA ERA MODERN
Jika kita buka google dengan mengetikan keyword cerita hantu, pasti kita akan menemukan link artikel yang membahas hantu, hantu memang menjadi isu yang hangat bagi generasi saat ini, bahkan bioskop yang menayangkan film hantu tak pernah sepi pengunjung. Tapi jarang sekali diantara kita yang ingin mengetahui lebih dalam apa sih sebenarnya hantu? Karena dalam benak kita sudah terdoktrin bahwa hantu adalah makhluk berwajah seram yang harus kita takuti. 
Namun sepertinya kita selama ini salah mengartikan hantu, kita telah diracuni oleh film2 horor yang memberi gambaran salah tentang hantu, dalam film horror  digambarkan  bahwa hantu adalah makhluk seram yang dapat melukai bahkan membunuh manusia. “SALAH BESAR”. Makhluk astral adalah makhluk hidup yang berdampingan dengan kita sehari-hari, bahkan hampir disetiap rumah, WC, bahkan kamar tidur akan ada makhluk astral yang keberadaannya dekat dengan kita. Namun pada suatu kondisi tertentu makhluk astral dapat dijadikan alat oleh manusia mencapai tujuan tertentu seperti santet, yang bertujuan untuk mencelakakan manusia, pada hakikatnya santet menjadikan makhluk astral sebagai senjata, dan pembunuh sebenarnya adalah manusia, seperti pisau takan bisa menusuk sendiri tanpa ada orang yang menggerakan pisau tersebut. 
Begitu jga makhluk astral yang dijadikan senjata oleh manusia lewat ilmu santet, makhluk tsb tidak pnya kepentingan sama sekali kepada korbanya, namun karena mantra2 tertentu makhluk astral tersebut berubah menjadi senjata mematikan bagi manusia, dan pelakunya siapa lagi kalau bukan manusia. So, tidak ada makhluk astral yang bertujuan utk mencelakakan manusia seperti yang digambarkan oleh film2 horor, makhluk seperti kuntilanak tidak bisa mencekik atau membunuh kita seperti pada film horror, mereka ada namun sangat jarang ditemukan konfrontasi dengan manusia, keberadaan mereka sangat dekat dengan kita, di kamar tidur, WC, bahkan di atap, qta tidak perlu takut, justru manusia2 di sekeliling kita yang kadang jauh lebih berbahaya daripada hantu itu sendiri.
Kesimpulan:   
Manusia modern memandang makhluk astral sebagai sosok yang selalu menakutkan, padahal mereka salah, mereka adalah korban dari film2 horor buatan manusia, makhluk astral ada disekitar kita bukan untuk kita takutkan karena mereka tidak bisa mencelakakan kita secara langsung, manusia pada era saat ini sangat terpengaruh oleh media, terutama visual, dan menjadikan manusia memandang hantu dengan cara yang salah. 
Akhir kata “Makhluk Astral  tidak mungkin dapat kita lihat langsung, karena mata kita  tidak mempunyai kemampuan untuk melihat mereka langsung, hanya pada saat-saat tertentu kita dapat melihat mereka,, namun di dunia modern ini kita tahu bahwa, tidak terlihat bukan berarti tidak ada”.  Ade Candra
Artinya makhluk itu tidak bisa kita lihat karena mata kita tidak mempunyai kapasitas untuk melihat mereka, seperti halnya sinyal telepon seluler, apakah kita melihat sinyal telepon seluler Yang keluar dari HP qta?  Jawaban adalah tidak, sinyal HP jelas ada karena dari situ kita dapat berkomunikasi lwat ponsel, tapi kita tidak bisa menyimpulkan sinyal HP itu tidak ada karena kita tidak bisa melihatnya. Begitu juga dengan makhluk astral, qta tidak bisa melihat mereka  namun bukan berarti mereka tidak ada, pada saat  tertentu manusia dapat melihat makhluk astral tersebut.  Keberadaan mereka bukan untuk kita takuti karena sejak kecil kita hidup berdampingan dengan mereka, mereka ada bukan untuk disembah, dipuja, atau ditakuti, justru kita harus menghargai existensi mereka, selama ini makhluk astral tidak seperti apa yang ,digambarkan film2 dan media, takutlah hanya kepada allah SWT karena hanya kepadanya kita akan kembali.
Share this article :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pasang Iklan

Kunjungan

TERBARU

Informasi Populer

 
Copyright © 2011 - 2013. BERBAGI ILMU SOSIAL - All Rights Reserved | Supported by : Creating Website | MENOREH.Net - Media Partner